Minggu, 27 Mei 2012

Iri

What the meaning of "IRI"?
Iri adalah sebuah sikap dimana kita tidak suka dengan seseorang karena keberhasilannya / kepunyaannya.
Tentunya setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya iri.

Ya that's some statment from me about IRI. Mungkin kalian semua bertanya-tanya kenapa gue bahas tentang ini?
Guys... Gua cuma mau ngasih tau sama kalian, gue lagi ada dalam masalah ini. Lo tau? Gue iri... Tapi iri gue bukan buat mainan atau apapun, tetapi buat motivasi gue, kebaikan gue dan sesuatu yang harus gue kasih ke orang tua gue! Gue iri sama temen-temen gue yang berhasil, yang bisa ranking dikelas, yang bisa menunjukkan kalo dia juara dalam perlombaan. Gue iri! Ya gue iri! Dan dengan cara itu... Sampe sekarang gue ga lepas dari 3 besar di kelas gue. Yaa walaupun gue iri, gue ga akan ngejatohin orang. Gue bakal pake cara gue sendiri guys :)

Tapi terkadang orang itu... Orang yang kita iriin... *pause dulu yaa. sebentar* Ini untuk sebuah contoh dan gue ga nerlibatin siapapun disini... yaaa sebut aja inisial X. Back to da topic.... Terkadang si X ini berhasil bukan karena hasil kerja keringet dia sendiri... Yang paling gue benci adalah melibatkan masalah uang! money! duit! Siapasih yang ga suka posisinya direbut sama orang berduit? Mungkin kecuali kelompok.X yang melakukannya. Gaakan ada penyesalan kaliya orang kaya seperti dia bisanya buang duit. Ganyangka. Idiot. Lo pikir semua kesenangan bisa dimakan sama duit lo?

Selingan:
Gue ga habis pikir sama orang kaya gitu... And i think if you want to be rich in my country... You must to be rich to reach it! Yaiyalah... Mau masuk PNS aja kata bokap gue kudu nyogok berapa juta... Guys, sepertinya disini dihalalkan ya KKN. Huh -_- kadang ga ngerti aja sama negara ini. Awas aja kalo gue gede jadi presiden *amin* gue bakal menghapus KKN di bumi Indonesia yang sudah melekat! 


Balik ke topik... Gue punya cerita dari temennya Siska... Katanya dia masuk SMP *piip* itu dengan cara nyogok. Sebut aja si X. Si X ini orangnya maleeesss banget... Saking malesnya, masuk SMP terbaik aja sampe nyogok... Dan setelah itu pas keterima di SMP itu, dia bukannya bersyukur... Kudunya sih bersyukur, kan udah masuk ke SMP terbaik tanpa ngotak dan bisa nyaingin orang yang diatas dia. Tapi kok malah makin males? Ya sejak saat itu dia suka di DO, sampe akhirnya dikeluarin. Sia-sia banget tuh yaa duit... Daun atau kertas yang dibuang? -_-

Ya sama aja sih orangtuanya ga sayang sama anaknya karena ga disekolahin ke tempat yang pantes dan setara dengan kemampuannya... Ya walaupun orgtua pasti berpikir "Anak saya harus disekolahkan disini! Karena pasti dia akan tedorong pinter!" Namun itu berguna bagi sejauh mana motivasi anak tante dan om... Kalo dianya gamau dan gaada niatan sih sama aja, balik ke yang namanya 'malu'. Gamau kan malu ditengah2? Mending malu diawal supaya akhirnya seneng. Dan buat lo yang ga bersyukur punya orang tua serba mampu... Mending lo go to hell aja deh. Diluaran sana... Masih banyak orang yang cuma bisa makan, sekolah, tidur aja tuh udah untung, elo yang punya orang tua kaya... Kenapa ga bersyukur? Mending tukeran aja deh sama anak orang miskin yang pinter dan nurut...

Now the reason i want to discuss about "IRI". Ini tentang temen gue yang berinisial Q. Gue pikir dia itu pinter. So gue muji dia itu wajar kan? Dan ini cerita yang gue dapet dari Reffa, sekaligus bukti yang gue liat sendiri... Dia itu ga sekelas sama gue sih, tapi gue pengen tau kenapa dia bisa ranking 3 paralel waktu itu? Pasti pinter bgt kan? Uwooo... Ternyata dugaan gue salah -_- gue aja baru tau dari temen sekelasnya... Katanya sih si Q itu gadisukain sama anak sekelas, makannya mainnya sama anak luar kelas yang gatau sifat bejatnya *eh. Terus dia tuh bisa ranking 3 paralel karena dia les di rumah *hampir* semua guru. Nah pas di les tuh yaa pernah ada temennya yang 1 les juga, katanya suka ngmg diem-diem ke guru itu dan ngomongin tentang ulangan gimana soalnya. YA KALO GITU SIH NAMANYA CURANG! Amit-amit deh semoga gue kelas 8 ga sekelas sama dia -_- Ternyata pinternya palsu.

Dan gue pernah liat dia open book pas lagi ulangan gue ngintip dr jendela *biasalah anak iseng lg freeclass* kenapa dia openbook? Padahalkan dia biasanya dikasih tau soalnya sama guru2? Ternyata... Guru itu berhalangan atau ngga gabisa bocorin ke dia. Ya gue percaya dong omongan siapapun tentang dia, karena gue udah liat buktinya sendiri. Dia tuh segalanya make duit, itu sih dihalalkan sama keluarga dia... Najis yaah? Segalanya duit! Diluar kepintaran, keberhasilan pasti ada duit. Waktu gue belum tau masalah ini, gue sempet iri, sok sok muji *padahalsih gue iri* sama nanyain cara belajar dia. Yaa akting abis gitu deh dia jawabnya. *gueketipu*.

Si Q najis baat yaa... Gue sampe dikalahin sama dia grgr dia pake modal duit, gue yang modal otak kalah bro -_- Semuanya bs dikalahkan dengan duit! Tapi duit gabisa ngalahin kekuasaan takdir Allah.SWT loh. Ternyata peringkat asli gue, dilangkahin sama orang yang salah... Bukan gue sombong, gue cuma mau jujur dan share sm kalian semua... Gue perningkat 4 paralel, dan agak sedikit kecewa pas tau itu... Nyokap pas ngambil rapot smt 1 gue, dia seneng tapi blg gini "Sa, kenapa ga 3 besar aja? Mamah semakin bangga kalo kamu bisa, tingkatin ya sayang, minimal pertahanin!" Hm.. Nyokap bilang gitu karena gue ga 3 besar di ranking paralel ya seneng sih masuk 5 besar dan rank 1 dikelas tapi... kalo diatas gue yang rank 3 paralel, orang yang salah kan yaa gue gaakan terima gitu aja! pas tau ini ya pasti gue ga terima, gue kecewa! Iri sih sangat iri! Dan untuk semester ini gue sedang in process buat ngelangkahin dia!

Dan kalo bisa gue mau ngebuktiiin tuh ke guru mata duitan... Ya habis gue sebel! Kadang dendam dihalalkan kalo buat masalah kaya gini! Sebenernya gue bisa nuntut tapi buat apa lah.. Gamau banyakin musuh, gamau make cara kasar. Gue buat semuanya perlahan-lahan tapi pasti dan bisa lancar daripada semuanya ancur dan nama gue tercoreng kan? Dan ternyata si Q itu udah sering diaduin  ke guru, walikelas tapi seakan guru itu ga peduli kalo Q itu open book dan segala macemnya... Yaiya udah disogok *ups. Dan balasan yang dia dapet dikelas ya dikucilin sama semua temen2nya. Gaada yang mau sekelompok sama dia, gaada yang mau deket-deket sama dia, temen sebangkunya aja ogah-ogahan padahal dia cowok, kan biasanya cowok itu gapedulian. Yaiya udah tau sih ya dia itu busuk.

Kalo bagi gue sih ya, lebih baik gue bodoh selama-lamanya daripada ga punya temen! Temen itu segala-galanya karena seorang temen pasti mau membantu lo disaat lo sedang dalam keadaan apapun, minta diajarin cara jd orang pinter juga pasti kalo temen yang baik itu dia akan sudi ngebantu lo! Maka dari itu temen adalah segala-galanya! Lo bisa jadi seseorang yang tegar, pinter, ataupun apakek, itu pasti ada temen dibalik semua itu. Temen yang selalu nemenin lo dan membantu lo disaat lo butuh! Selain temen itu sebagai orang yang suka membantu, dia juga bisa sebagai saingan kita lohh... Bersaing untuk hal baik, contohnya ranking-rankingan kaya gue sama Sisca hehe. Dan orang yang punya otak pasti saingannya sportif dan bisa menjadikan itu sebuah motivasi untuk lebih maju! :-)

Back to the topic... Selain teknik duit... Ada teknik CAPER yang biasa dia lakuin. HA. Hebat banget ya... Ohya terus tugas-tugasnya yaa dikerjain sama pembantunya, yang pernah sekelompokan sama dia aja tuh katanya sih dia sombong gitu hasilnya bagus dan ngaku kalo itu buatan dia, padahal bukan buatan dia *belaga kerja keras, pas ditanya gimana buatnya malah gabisa dan ngaku kalo dibuatin pembantunya padahal udah muka sombong gitu*. Ya makannya gada yang mau sekelompok sama orang yang sombong tapi ternyata gabisa apa-apa. Terus kan pernah US smt 1, dia ditanya sama si L padahal si L itu iseng aja pengen tau pelit apa ngga, eh gataunya....
L: "Q...." *berbisik* "No 12 apa?"
Q: "Gatau!"

Padahal kata temen yang duduknya deket sama si Q, si Q no 12 udah diisi bahkan udah diisi semua. Duh teknik duit sih yaa jd mahal, klo mau minta kudu jadi temennya ataungga bayar ke dia kaliyaa... Najis bat~ HEY BUKA MATA LO! SADAR DONG SADAR! MAU APA KALO LO DIBALAS SAMA YANG DIATAS DAN DIBALIKKAN POSISI LO JADI ORANG YANG SERBA KEKURANGAN? *maaf ya Allah cuma melimpahkan kekesalan* Ya gimana coba, gue sih kasian sama hidup dia... Kalo misalnya dia *maaf* miskin, apa baru dia nyesel? Gue kasian! Dia harus sadar, dia harus buka mata...

Ya mungkin gapunya temen di kelas bukan sesuatu yang buat dia jera. Mungkin dia harus terima omongan dari guru yang dewasa kaliya, coba tu guru nolak dan ga hanya nolak, kasihlah suatu omongan yang bisa buka mata dia. Kalo dinasehatin orang sepantaran tuh gaakan jera... Atau orangtuanya bisa dewasa dan sayang sama anaknya lah... Ga sayang taah ? Kalo ntar gede gatau pelajaran SMP gimana? Kan semuanya serba duit dan caper, itu gapake otak, gapernah dipake dan mikir otaknya... Ya dipake dikiiiitt sih buat teknik capernya. Kalo orangtuanya ada niatan sadar pasti sedikit-sedikit bakal nyadarin anaknya juga dan  buat anaknya ga jadi kaya gitu lagi.

Ya harapan gue buat dia, semoga dia sadar kalo semuanya ga bisa dibeli sama uang, dan sekaya-kayanya dia.. Kalo Allah berkehendak, siapa tau kan ya? Pasti dia bisa jatuh, miskin dan semuaaa kedoknya bakal terbongkar. Gue harap dia bisa sadar dari sekarang sebelum semuanya terlambat, sebelum semua orang judge dia kaya gitu... Gue nyesel iri sama orang yang bukan tandingan gue... Dan harusnya gue iri sama rank 1 dan 2 paralel yaaa yang bener-bener pinter *gue udah tau kok seluk beluknya*. Gue gaakan jatuhin mereka, gue bakal sportif dan gue mungkin cuma bakal nanya cara mereka belajar, siapa tau gue bisa kaya si rank 1 dan 2 paralel ini. Amin :D

1 hal lagi... Gue udah pernah kok nasehatin dan nyindir si Q, cuma gaada hasil. Gimana ya cara buat dia jera? :'(

And that's all my story for today. Maaf kalo ada yang kesindir, ini semata-mata bukan buat kalian, ini cuma curahan hati gue semata. Dan gue harap kalian bisa ngerti seorang anak ramaja yang labil hehe ^^ dan jujur maksud gue baik. Gue gamau orang sekeliling gue, temen-temen gue, saudara gue, blogger lain sejahat itu hehe :-) okee thanks for read, keep read and always wait for the update from me yaa :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar